Tips Olahraga Buat Pemula agar Tidak Tumbang Setelah Latihan

Membiasakan diri untuk berolahraga merupakan kunci agar perkembangan tubuhmu sehat dan seimbang. Olahraga sebaiknya dijadikan sebagai rutinitas. Tidak perlu olahraga berat, yang penting teratur komposisinya. Kalau sudah jadi kebiasaan, tubuhmu tidak akan cepat lelah meskipun punya mobilitas pekerjaan yang cukup tinggi.

Olahraga juga bisa dijadikan sebagai salah satu hobi. Banyak kegiatan yang bisa kamu pilih seperti lari, basket, futsal, renang, yoga, atau bahkan catur. Mungkin kamu punya impian mau mencoba kompetisi lari dengan rencana keliling Asia? temukan tiket nya disini dan jangan tinggalkan rutinitas berikut setelah selesai melakukan latihan.

1. Minum Banyak Air

Sangat penting untuk membuat diri kamu tetap terhidrasi selama melakukan rutinitas olahraga. Ya, kalau kurang minum air, daya tahan tubuhmu akan lebih cepat hilang dan kamu lebih sering kelelahan. Oleh karena itu, pastikan kamu minum air putih yang cukup.

Menjaga kandungan cairan di dalam tubuh sangat penting untuk bisa mengoptimalkan performa aktivitas sehari-hari, terutama saat cuaca sedang panas. Nah, minum banyak air setelah melakukan olahraga bisa membantu kamu untuk lebih cepat pulih dan siap untuk melakukan sesi latihan olahraga rutin selanjutnya.

2. Lakukan Pemanasan

Melakukan pemanasan sangat penting untuk mencegah cedera saat kamu berolahraga. Bukan hanya itu, pemanasan juga punya peran penting untuk meningkatkan kemampuan atletik tubuh. Jadi, tubuhmu akan lebih lentur saat berolahraga sehingga mengurangi rasa sakit selesai berolahraga.

3. Jangan Lewatkan Pendinginan

Selain pemanasan, pendinginan juga merupakan tahap yang tidak boleh dilewatkan setelah selesai berolahraga. Pendinginan membantu tubuhmu untuk kembali ke kondisi normal setelah latihan. Cukup lakukan kombinasi gerakan pendinginan untuk beberapa menit untuk mengembalikan sirkulasi darah dan pola pernapasan. Berjalan santai bisa jadi salah satu bentuk pendinginan yang mudah dan menyenangkan.

4. Ketahui Kapasitas Tubuh

Jangan forsir tubuhmu untuk berolahraga. Meskipun penting, kamu harus mengetahui batas kemampuan tubuh untuk melakukan latihan rutin setiap harinya. Jika sudah mulai kelelahan, tidak ada salahnya mengurangi porsi olahraga dari biasanya. Satu hal yang penting adalah menjaga rutinitas olahraga tetap teratur setiap hari. Jadi, tubuhmu tidak akan ‘kaget’ kalau harus mulai olahraga dari awal lagi.

5. Penuhi Asupan Nutrisi

Selain program olahraga yang teratur, kamu juga harus bisa menjaga pola makanmu agar tetap seimbang. Pastikan tubuhmu mendapatkan semua asupan nutrisi yang seimbang untuk mendapatkan energi yang cukup selama beraktivitas.

Perlu diingat bahwa asupan karbohidrat sangat dibutuhkan untuk memberikan energi yang cukup untuk berolahraga. Pastikan juga kamu sudah mendapatkan asupan protein yang bermanfaat untuk pembentukan otot.

Menjaga rutinitas berolahraga tidak hanya bisa kamu lakukan dengan melakukan olahraga teratur, tetapi juga menjaga asupan cairan dan komposisi makanan. Jadi, apakah kamu sudah melakukan langkah yang benar setelah berolahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *